Thursday, May 29, 2008

Geostrategi minyak

Ketika minggu lalu saya mengikuti salah satu forum diskusi energi, ada hal menarik tentang pengelompokan geostrategi negara-negara berdasarkan penguasaan sumber minyak bumi dan gas (migas), kepemilikan sumber migas, kekuatan ekonomi, dan kekuatan militer. Meskipun dalam forum tersebut sebetulnya dikemukakan ada lima kelompok negara, namun disini saya elaborasi menjadi enam kelompok:

(1) Negara-negara maju dengan penguasaan terhadap sumber migas baik secara langsung maupun tidak langsung serta mempunyai kekuatan militer (Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa Barat).

(2) Negara-negara maju yang tidak memiliki penguasaan sumber migas dan tidak berfokus pada kekuatan militer, namun mempunyai kekuatan ekonomi (Jepang, Korsel, Taiwan, dan Singapura).

(3) Negara-negara yang perekonomiannya berkembang pesat, tidak memiliki penguasaan sumber migas, namun mempunyai kekuatan militer (Rusia, China, Korut, India, Pakistan).

(4) Negara-negara penguasa langsung sumber migas besar dengan perekonomian dan militer yang ’cukup kuat’ (Saudi Arabia, Iran).

(5) Negara-negara penguasa langsung sumber migas besar, namun lemah perekonomian dan militernya (Afrika Utara, Irak, Amerika Selatan, Federasi Uni Soviet, Nigeria).

(6) Negara-negara berkembang yang perekonomiannya lemah, tidak memiliki kekuatan militer, serta tidak memiliki cadangan migas atau cadangan migasnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Coba tebak: Indonesia masuk kelompok yang mana.

1 comment:

Dendi Kartini said...

Yang nomor 6.


Dendi Kartini, New York